Cara Mengisi Formulir Pendaftaran CPNS 2014 di Panselnas.menpan.go.id

Home | Daftar | Masuk| Konfirmasi | Pesan | Reseller

Info CPNS 2017 | Belajar CAT CPNS


Cara mengisi Formulir Pendaftaran CPNS Panselnas.menpan.go.id– Pendaftaran CPNS online 2014 ini merupakan baru pertama kali diterapkan dalam sistem penerimaan calon pegawai negeri sipil, dimana para pelamar diwajibkan melakukan pengisian data di portal panselnas.menpan.go.id.

Meskipun sampai saat ini sudah lebih dari 1 juta orang peserta yang sudah berhasil melakukan pendaftaran di portal panselnas, namun masih dibukanya sistem pendaftaran untuk daerah-daerah mungkin jumlah tersebut akan terus bertambah.

Penutupan pendaftaran CPNS online di portal panselnas.menpan,go.id dilakukan 2 minggu setelah instansi tersebut bisa menerima pendaftaran secara online, jadi bisa dipastikan penutupan pendaftaran CPNS online 2014 tidak akan sama disetiap instansi.

Buat yang masih bingung cara daftar cpns 2014 di panselnas.menpan.go.id tim aktualpost mencoba memberikan solusi cara gampang daftar cpns 2014 di laman formulir pendaftaran yang beralamat di https://regpanselnas.menpan.go.id .

Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftarkan pastikan terlebih dahulu instansi dan formasi apa yang akan dilamar dan jangan lupa untuk melihat syarat-syarat khusus dari instansi yang membuka pendaftaran, anda bisa cek fromasi detailnya pada tautan berikut ini https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2 atau juga bisa melihatnya di formasi2.cpns.menpan.go.id.

Setelah anda memastikan sudah menemukan instansi dan formasi yang pas dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan juga umur yang dibutuhkan sekarang saatnya anda mengisi formulir pendaftarn cpns 2014 di situs https://regpanselnas.menpan.go.id dimana nanti anda akan diminta memasukan data-data yang dibutuhkan seperti dibawah ini.

Isi kolom NIK dengan nomor NIK yang ada di KTP atau Kartu Keluarga. NIK berupa angka dan minimal 16 digit. Bagi yang belum memiliki e-KTP, bisa menggunakan KTP nasional yang masih berlaku.

Isi nama secara lengkap di kolom Nama Lengkap sesuai nama yang tertera di KTP.

Isi kolom Email dengan alamat email dengan format e-mail yang valid. Pastikan email yang diisikan adalah yang selalu digunakan, karena semua info terkait pendaftaran akan dikirimkan ke email tersebut. (contoh: aktualpost@gmail.com)

Isi kolom Tempat Tanggal Lahir dengan Tempat lahir anda seperti yang di KTP. Kolom Tanggal Lahir diisi menurut format yang disediakan yakni format YYYY-MM-DD (contoh: 1987-01-02)

Isi kolom Instansi dengan memilih salah satu instansi yang sudah tersedia. (Jika instansi yang Anda inginkan belum ada berarti belum buka, jika belum buka sebaiknya urungkan dulu untuk daftar. Jangan mencoba-coba memilih instansi lain karena nanti tidak bisa diubah. Setiap pelamar hanya diberi kesempatan satu kali pendaftaran, dan tidak bisa diubah atau dihapus).

Isi kolom Password dengan password yang mudah diingat, agar nanti bisa selalu digunakan selama pendaftaran.

Isi kolom Confirm Password dengan password yang sama pada kolom Password, isikan kembali untuk konfirmasi.

Isi kolom Input Kode Sekuriti dengan mengetikkan kode sekuriti yang tersedia di bagian atasnya. Hal ini untuk meyakinkan bahwa yang mendaftar adalah manusia bukan robot.

Periksa kembali semua isian yang sudah dimasukkan, Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali. Jika sudah dikirim, kita tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah dipilih. Jika sudah yakin baru klik tombol KIRIM.

Jika berhasil maka nanti akan muncul tampilan: “Selamat Anda sudah terdaftar, silakan cek email Anda untuk informasi selanjutnya”
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengisi formulir pendaftaran CPNS 2014 di Regpanselnas.menpan.go.id:
Pastikan email notifikasi pendaftaran sampai ke email, cek folder INBOX, bila tidak ada di SPAM.

Jika tdk ada email notifikasi selama 1×24 jam silahkan laporkan dengan mengirimkan bukti pendaftaran ke panselnas@menpan.go.id.

Sebaiknya saat mengisi form pendaftaran sebelum diklik tombol KIRIM screenshot layar komputer sebgai bukti apabila tidak menerima email notifikasi.

Pastikan semua form pengisian telah diisi dengan data sebenarnya untuk menghindari diskualifikasi pada proses selanjutnya. Data yang dibuat-buat tidak akan bisa diproses.

Ingat kesempatan hanya 1 pelamar 1 instansi, maka gunakan kesempatan dengan bijak. Jangan daftar jika instansi yang Anda ingin daftar belum muncul di Daftar Instansi.

Langkah selanjutnya setelah mendapatkan email notifikasi anda bisa login ke situs sscn.bkn.go.id untuk melengkapi data-data pendaftaran sebelum mendapatkan kartu peserta CPNS 2014, dimana biasanya membutuhkan waktu 1×24 jam sebelum bisa melakukan login ke situs sscn untuk melanjutkan pengisian data

Dan berikut ini tata cara pengisian data di sscn.bkn.go.id sampai dengan melakukan pencetakan bukti pendaftaan cpns 2014
Petunjuk Pengisian Formulir Pendaftaran di sscn.bkn.go.id
Informasi Data Pribadi
No. Induk Kependudukan
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Nama
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Jenis Kelamin
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Tempat Lahir
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Tanggal Lahir
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Alamat
:
Isikan alamat korespondensi surat menyurat, dan dilengkapi dengan kode pos yang jelas.
Nomor Telepon
:
No. telpon rumah atau mobile phone (handphone) yang bisa dihubungi
Email
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Asal Institusi Pendidikan
:
Isikan nama institusi pendidikan dengan lengkap, contoh : Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November dsb.
Tahun Lulus
:
Cukup Jelas
No Ijazah
:
Cukup jelas.
Akreditasi
:
Isikan dengan A atau B sesuai dengan Akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi atau tanda (-) untuk Universitas/Perguruan Tinggi Negeri
IPK
:
isikan IPK dengan cara menggunakan titik (.) decimal contoh 3.45
Formasi Jabatan yang dilamar :
Instansi
:
Terisi otomatis sesuai dengan data yang sudah diisi di portal Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)
Pendidikan
:
Pilih sesuai dengan pendidikan Anda
Pilihan 1
:
Pilih Lokasi Kerja sesuai dengan yang tersedia di instansi
Pilih jabatan yang sesuai dengan pendidikan Anda
Lokasi Test
:
Lokasi test Anda untuk mengikuti ujian CAT
Klik pernyataan pada check box.
Masukkan kode captcha yang tertera.
Selanjutnya klik DAFTAR jika sudah yakin dengan isian, kemudian klik tombol CETAK untuk mencetak form registrasi.
Demikian tutorial cara pendaftaran CPNS 2014 lewat regpanselnas.menpan.go.id dilanjutkan ke sscn.bkn.go.id sampai dengan mencetak form registrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *