JOKO WIDODO: MORATORIUM CPNS selama 5 Tahun

Home | Daftar | Masuk| Konfirmasi | Pesan | Reseller

Info CPNS 2017 | Belajar CAT CPNS


moratoriumMoratorium Penerimaan CPNS ASN 2019–Di awal pemerintahannya, Presiden Joko Widodo langsung menelurkan kebijakan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tak tanggung-tanggung, moratorium diberlakukan hingga lima tahun, mulai tahun depan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan pihaknya akan terus mengkaji kebijakan tersebut. “Bukan tidak adanya penerimaan CPNS, tapi dikaji terlebih dahulu,” kata Yuddy seusai acara serah terima Jabatan di KemenPAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Yuddy menjelaskan kebijakan Moratorium Penerimaan CPNS ASN 2019  ini akan dikaji secara hati-hati dan mendalam. “Secara umum sedang kita terjemahkan di kementerian, karena ini menyagkut aspirasi orang banyak,” ujar Yuddy. Namun dia meminta masyarakat agar tidak perlu khawatir terkait kebijakan moratorium ini.

Yuddy menuturkan kebijakan Moratorium Penerimaan CPNS ASN 2019 ini adalah permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Yuddy mengaku sudah bertemu JK untuk membahas hal ini. “Ketemu Beliau, karena ada hal yang dikaji, meminta dilakukan moratorium pengawai negeri sipil,” kata Yuddy.

Menurutnya, Moratorium Penerimaan CPNS ASN 2019 pemerintah tengah menghitung jumlah ideal birokrat dengan pembanding jumlah penduduk. “Kita sedang kaji berapa rasio yang tepat dari jumlah birokrat kita dibandingkan penduduk,” imbuh Yuddy.

Yuddy mencontohkan, jika jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak delapan juta, maka jumlah ideal PNSnya akan disesuaikan dengan kajian dari kementeriannya. “Kita kaji lagi seharusnya berapa jumlah PNSnya. Kita sesuaikan dengan kondisi kewilayahannya,” ujar Yuddy.
KRI

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.